Blog

Pembangunan Asrama (Kobong) di Pesantren Darul Afkar Banten

RDN belum lama ini melakukan kunjungan ke Pesantren yang letaknya di Pelosok Ujung Kulon Pulau Jawa, Pesantren yang berlokasi di Desa Kertamukti, Kec. Sumur,  Ujung Kulon, Banten,  merupakan pondok pesantren salafiyah yang didirikan oleh KH Tohir Mulyadi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Islam dan menguatkan Dakwah islam di wilayah banten khususnya di pesisir ujung kulon banten. Pasca Gempa beberapa asrama mengalami kerusakan, Insya Allah RDN berencana membangunkan Asrama (Kobong) di sana.

baca juga Artikel RDN-peduli-gempa-banten

Pesantren yang didirikan tahun 1996 ini bernama Darul Afkar,  seperti pesantren umumnya  Darul Afkar juga mengajarkan kitab kuning kepada para santrinya seperti ilmu; Fiqih, tauhid, bahasa arab, Al-Quran & Hadist, akhlaq, sejarah islam dan masih banyak lagi, dengan harapan para santrinya kelak akan membawa manfaat bagi masyarakat khususnya menjadi  ulama yang mampu menyiarkan  islam di berbagai pelosok indonesia.

Pondok Pesantren Darul Afkar Banten

Pesantren Darul Afkar  saat ini  santrinya mencapai 115 orang,  dengan tenaga pengajar berjumlah 12 orang. santri Darul Afkar rata-rata berasal dari keluarga tidak mampu (Dhuafa) karena keberadaan pesantren tersebut yang berada di pelosok ujung kulon Banten, sehingga pihak pesantren menggeratiskan biaya mondok. Pesantren Darul Afkar juga saat ini menampung 35 santri yatim piatu dan dhuafa (orang tua beliau meninggal akibat stunami Selat Sunda beberapa bulan yang lalu), dan Pesantren Darul Afkar pun tidak luput dari terjangan tsunami yg mengakibatkan kerusakan fisik pondok pesantren Darul Afkar.

KH Tohir Mulyadi selaku pimpinan Pesantren merasa berat untuk membangun kembali asrama baru untuk para santri, karena keterbatasan dana atau keuangan pesantren. Pesantren Darul Afkar sangat berharap ada Donatur, Yayasan, perusahaan atau instansi pemerintahan yang dapat membantu untuk membangun Pondok pesantren Darul Afkar.

RDN berencana untuk membangun asrama Kobong Pesantren Darul Afkar

Rumah dai nusantara (RDN) berencana akan membangun asrama (kobong) Pondok pesantren Darul afkar untuk para santri dengan ukuran 5 x 6m (2 lantai), pembangunan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 40 s/d 50 Juta.

Semoga dengan di bangunnya asrama santri (Kobong) yang baru dan layak, para santri tidak ada lagi yang tidur berdesak desakan, semakin semangat dalam menuntut ilmu, fokus serta nyaman untuk belajar, sehingga kelak mereka akan menjadi seorang dai yang tangguh, istiqomah dan siap menebarkan dakwah hingga pelosok negeri.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081284903338