Cart

Blog

Pembangunan Pesantren Kobong Nurul Yaqin Di Lombok

Rencana pembangunan pesantren nurul Yaqin di Lombok sudah lama diinginkan masyarakat dusun Batu Keruk. Akan tetapi, hampir 15 tahun  berlalu belum juga terlaksana dikarenakan terkendala dengan besarnya biaya, ditambah lagi dengan terjadinya bencana gempa bumi  4 bulan yang lalu keinginan itu terlupakan. Namun di saat ini masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan agama untuk anak anak mereka, sehingga keinginan untuk membangun pesantren tersebut semakin kuat kembali.

Musyawarah dan do’a bersama sebelum membangun pesantren Kobong Nurul Yaqin

Dusun Batu keruk, desa akar-akar, kecamatan Bayan, lombok Utara, sebagian masyarakatnya adalah beragama Islam. Namun, walaupun sebagian besar beragama Islam mereka sangat jauh dalam beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ini bisa dilihat dengan sepinya keberadaan masyarakat untuk beribadah di masjid maupun mushola di Dusun tersebut. Ditambah lagi dengan bencana yang terjadi yang menyebabkan hampir 80% bangunan rumah-rumah di Dusun tersebut roboh total semakin menambah mereka jauh dari agama.

baca juga artikel Pembagian bantuan Sembako RDN Peduli di Lombok

Alhamdulillah program mental recovery (pembinaan keislaman) pasca bencana yang dilaksanakan oleh tim RDN peduli Lombok dapat membangkitkan masyarakat dalam keterpurukan, semangat mereka untuk menuntut ilmu dan Ghiroh mereka terhadap islam semakin tinggi, yang akhirnya mengingatkan mereka akan keinginan orang tua mereka untuk membangun sebuah pondok pesantren yang diperuntukkan untuk anak-anak mereka.

Kegiatan Mental recovery masyarakat dusun Batu Keruk

Keadaan Santri di Dusun Batu Keruk

Saat ini di Dusun tersebut ada sekitar 70 Santri yang siap untuk menuntut ilmu dan belajar mengaji, hampir 20 orang di antaranya merupakan anak-anak yatim. Sehingga diharapkan adanya RDN dapat membantu untuk merealisasikan berdirinya pesantren tersebut. Kepala dusun, tokoh masyarakat serta para Ustadz setempat memohon kepada RDN untuk dibuatkan sebuah pesantren sederhana di Dusun tersebut sebagai wadah belajar anak-anak untuk menuntut ilmu agama.

Bapak hermadi selaku kepala Dusun Batu keruk.

” Alhamdulillah sudah ada tanah wakaf yang siap untuk dibangun Pesantren Kobong tersebut ” ungkap Bapak hermadi selaku kepala Dusun Batu keruk.

Atas keinginan masyarakat tersebut mendorong RDN Berencana untuk membuatkan pesantren tersebut.  sampai berita ini dituliskan Alhamdulillah pengerjaan pembangunan Pesantren Kobong Nurul Yaqin sudah mencapai 50% pembuatannya, . Dengan biaya yang tidak sedikit tentunya kami RDN berharap bantuan para donatur untuk menyelesaikan pembangunan pesantren tersebut dengan tepat waktu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa
Translate »