Blog

Pembangungan 100 Musholla Pasca Gempa Lombok

Program Pembangungan 100 Musholla Pasca Gempa Lombok RDN. Sudah lebih dari 7 bulan yang lalu masyarakat lombok tertimpa Musibah gempa dengan kekuatan yang cukup besar sehingga menghancurkan berbagai fasilitas umum seperti Gedung sekolah, Puskesmas, Masjid Musholla, Rumah warga dll. Selain membuatkan Hunian Sementara (HUNTARA) tahap ke 2, RDN juga akan membuatkan Wakaf Pembangunan Masjid dan Musholla di Lokasi pasca Gempa Lombok. Ada beberapa Lokasi pasca Gempa Lombok sampai saat ini belum memiliki Masjid/ Musholla, karena Masjid/ Musholla mereka hancur akibat bencana Gempa bumi.

Sebagai awalan Alhamdulillah Rumah Dai Nusantara telah menyelesaikan pembangunan Musholla pesantren kobong Nurul Yaqin di Dusun Batu Keruk, Lombok. Sehingga keberadaanya sudah dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah sholat berjamaah dengan nyaman.

Perkembangan Pesantren Musholla Kobong Nurul Yaqin di Dusun Kerub

baca juga artikel Pembangunan Pesantren Kobong Nurul Yaqin Di Lombok

 

KENAPA HARUS MEMBANTU ?

Kenapa harus membantu dan membuatkan Masjid dan Musholla di Lokasi Gempa Lombok?

1). Pasca Gempa tersebut saat ini semangat keislaman masyarakat lombok terus meningkat terlihat dari semangat ibadah mereka untuk kembali ke Masjid, Musholla dan Majelis majelis Ilmu. Namun banyak Masjid dan Musholla yang rusak

2). Masjid dan Musholla sebagai sarana Dakwahnya para Da’i setempat. dan

3). Warga yang saat ini ketika akan melakukan aktifitas ibadah harus dilakukan di Masjid/ Musholla darurat dengan kondisi memprihatinkan.

 

KEADAAN MUSHOLLA DI DESA SAMBI ELEN.

Seperti warga Desa Sambi Elen, Kecamatan Bayan, Lombok utara, mereka tidak mempunyai mushola yang layak untuk shalat berjamaah maupun pengajian anak-anak dan ibu-ibu setelah musholla mereka roboh di terjang gempa bumi.

 

Kondisi Musholla Nurul Falah yang hancur karena Gempa bumi 7 bulan lalu

Pernah Sebelumnya warga mendapatkan bantuan berupa tenda besar untuk musholla namun roboh tak kuat di terjang angin & hujan,

Sehingga kemudian warga berinisiatif membuat sebuah musholla darurat yang terbuat dari kayu bekas dan seng dari reruntuhan dengan ukuran kecil dan sempit, membuat terbatasnya kapasitas jamaah dan tidak nyaman untuk ditempati.

Ustadz sekaligus imam musholla dan tokoh masyarakat setempat sangat berharap sekali kepada Rumah Dai Nusantara untuk membantu membangunkan musholanya, dikarenakan warga mulai resah karena sebentar lagi bulan ramadhan, sementara kondisinya masih sangat memprihatinkan.

DKM Musholla Nurul Falah bersama relawan RDNPeduli

Selain itu masih banyak daerah daerah yang bernasib sama di mana kondisi Masjid dan musholla yang tim RDNPeduli temui.Semua dalam kondisi yang sangat memprihatinkan seperti di dusun Otak Lendang, maupun Desa Gondang. Dan semua itu membutuhkan bantuan kita semua.

baca juga artikel Pembangunan Huntara Pasca Bencana Gempa Lombok

Kurang lebih satu bulan lagi akan kedatangan bulan yang Mulia (Ramadhan 1440H) akan tiba, jangan biarkan Saudara saudari kita di lombok menjalani ibadah Ramadhan masih dengan Masjid/ Musholla yang memprihatinkan!!.[dd/rif]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081284903338